Dunia Matematika

Selamat Datang di Blog Citra

TELAAH KURIKULUM

on January 8, 2012

IDENTITAS BUKU

Judul               : MATEMATIKA KONSEP DAN APLIKASINYA

Penerbit           : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008

Penulis             : Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni

 

A.   ANALISIS KESESUAIAN MATERI DENGAN STANDAR ISI

BAB 1 BILANGAN BULAT

  1. Bilangan Bulat
  2. Operasi Hitung pada Bilangan Bulat
  3. Menaksir Hasil Perkalian dan Pembagian pada Bilangan Bulat
  4. Kelipatan dan Faktor
  5. Perpangkatan Bilangan Bulat
  6. Operasi Hitung Campuran pada Bilangan Bulat
  7. Penggunaan Operasi Hitung Bilangan Bulat untuk Menyelesaikan Masalah

Materi yang ada di dalam Bab 1 sudah memenuhi Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Standart Isi

 

BAB 2 PECAHAN

  1. Bilangan Pecahan
  2. Perbandingan dan Bentuk – Bentuk Pecahan
  3. Operasi Hitung Pecahan
  4. Pembulatan dan Bentuk Baku Pecahan
  5. Menyelesaikan Masalah sehari – hari yang berkaitan dengan pecahan

“Materi yang ada di dalam Bab 2 sudah memenuhi Standar Kompetensi dan Kopetensi Dasar pada Standar Isi

 

BAB 3 OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

A.    Bentuk Aljabar dan unsur – unsurnya

B.     Operasi Hitung pada bentuk Aljabar

C.     Pecahan Bentuk Aljabar

D.    Penggunaan Aljabar untuk Menyelesaikan Masalah

“Materi yang ada di dalam Bab 3sudah sesuai dengan standar Kompetensi dan Kompetensi dasar pada Standar Isi.

BAB 4 PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

  1. Kalimat Terbuka
  2. Persamaan Linear Satu Variabel
  3. Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
  4. Membuat Model Matematika dan menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan dengan Persamaan Linear Satu Variabel
  5. Membuat Model Matematika dan menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan dengan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
  6. Logika Matematika ( Pengayaan)

“Materi yang ada di dalam Bab 4 sudah sesuai standar Kompetensi dan Kompetensi dasar pada Standar Isi kecuali pada SubBab Pertama’Kalimat Terbuka’ tidak terdapat dalam Standar Isi

 

BAB 5 PERBANDINGAN DAN ARITMATIKA SOSIAL

  1. Aritmatika Sosial dalam Kegiatan Ekonomi
  2. Rabat (Diskon), Bruto, Tara, dan Neto
  3. Bunga Tabungan dan Pajak
  4. Perbandingan
  5. Gambar Berskala
  6. Bentuk – bentuk Perbandingan
  7. Memecahkan Masalah Sehari – hari yang melibatkan Konsep Perbandingan

“Materi yang ada di dalam Bab 5 tidak terdapat dalam Standar Isi

BAB 6 HIMPUNAN

  1. Himpunan
  2. Himpunan Kosong dan Himpunan semesta
  3. Himpunan Bagian
  4. Hubungan antar Himpunan
  5. Operasi Himpunan
  6. Diagram Venn
  7. Menyelesaikan Masalah dengan Menggunakan Konsep Himpunan

“Materi yang ada di dalam Bab 6 sudah sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Standar Isi

 

BAB 7 GARIS DAN SUDUT

  1. Garis
  2. Perbandingan Segmen Garis
  3. Sudut
  4. Menggambar dan Memberi Nama Sudut
  5. Jenis – Jenis Sudut
  6. Hubungan Antar Sudut
  7. Hubungan Antar Sudut jika Dua Garis Sejajar Dipotong Oleh Garis Lain
  8. Melukis Sudut
  9. Membagi Sudut

“Materi yang ada di dalam Bab 7 sudah sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Standar Isi

BAB 8 SEGITIGA DAN SEGI EMPAT

  1. Segitiga
  2. Jumlah Sudut – Sudut Segitiga
  3. Hubungan Panjang Sisi dengan Besar Sudut pada Segitiga
  4. Keliling Dan Luas Segitiga
  5. Segi Empat
  6. Melukis Segitiga
  7. Melukis Segitiga Sama Kaki dan Segitiga Sama Sisi
  8. Melukis Garis – Garis Istimewa pada Segitiga
  9. Menyelesaikan Masalah Yng Berkaitan dengan Segi Empat

“Materi yang ada di dalam Bab 8 sudah sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Standar Isi , kecualipada SubBab Ke 3 yaitu ’Hubungan Panjang Sisi dengan Besar Sudut pada Segitiga’tidak Terdapat dalam Standar Isi

 

B.   ANALISIS MATERI YANG MENGANDUNG CTL

 

JUDUL BAB

HAL

CTL ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 1 BILANGAN BULAT

A. Bilangan Bulat

 

4

TIDAK ADA Tidak mengandung proses dan tidak sesuai dengan situasi dan penerapan dalam kehidupan sehari – hari.
B. Operasi Hitung pada

Bilangan Bulat

 

7

TIDAK ADA Penyelesain langsung Konseptual
C. Menaksir Hasil Perkalian

dan Pembagian Bilangan

Bulat

 

20

TIDAK ADA Penyelesaian langsung konseptual. Terdapat tugas mandiri yaitu untuk mengamati kejadian atau masalah yang terkait dengan pembulatan atau tafsiran bilangan bulat.
D. Kelipatan dan Faktor

 

22

TIDAK ADA  
E. Perpangkatan Bilangan

Bulat

 

27

TIDAK ADA  
F. Operasi Hitung Campuran

pada Bilangan Bulat

 

33

TIDAK ADA  
G. Penggunaan Operasi Hitung

Bilangan Bulat untuk

Menyelesaikan Masalah

34

ADA

Tentang penggunaan suhu es dalam Pemecahan masalah.

JUDUL BAB

HAL

CTL ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 2 PECAHAN

A. Bilangan Pecahan

40

ADA

Buah jeruk.
B. Perbandingan dan Bentuk-

Bentuk Pecahan

 

48

TIDAK ADA Terdapat SubSubBab yang menerapkan CTL yaitu pada SubSubBab ke 3 ”Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran dan Sebaliknya”.

Contoh: 3 Buah Apel yang di bagi kepada 2 anak dengan sama besar.

C. Operasi Hitung Pecahan

 

56

TIDAK ADA  
D. Pembulatan dan Bentuk

Baku Pecahan

 

69

TIDAK ADA  
E. Menyelesaikan Masalah

Sehari-hari yang Berkaitan

dengan Pecahan

72

   

JUDUL BAB

HAL

CTL ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 3 OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

A. Bentuk Aljabar dan Unsur-

unsurnya

 

80

ADA

Banyaknya Boneka.

 

B. Operasi Hitung pada

Bentuk Aljabar

 

83

 TIDAK ADA  
C. Pecahan Bentuk Aljabar

 

92

 TIDAK ADA  
D. Penggunaan Aljabar untuk

Menyelesaikan Masalah

98

TIDAK ADA

 

JUDUL BAB

HAL

CTL ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 4 PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

A. Kalimat Terbuka

 

104

TIDAK ADA

 
B. Persamaan Linear Satu

Variabel

 

106

TIDAK ADA

 
C. Pertidaksamaan Linear Satu

Variabel

 

114

ADA

Tinggi Badan dan Berat Badan
D. Membuat Model

Matematika dan

Menyelesaikan Soal Cerita

yang Berkaitan dengan

Persamaan Linear Satu

Variabel

 

122

ADA

Sepasang Sepatu.

Di dalam uji kompetensi juga ada CTL dengan soal tentang buah anggur.

E. Membuat Model

Matematika dan

Menyelesaikan Soal Cerita

yang Berkaitan dengan

Pertidaksamaan Linear Satu

Variabel

 

124

TIDAK ADA

 
F. Logika Matematika

(Pengayaan)

126

TIDAK ADA

 

JUDUL BAB

HAL

CTL ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 5 PERBANDINGAN DAN ARITMETIKA SOSIAL

A. Aritmetika Sosial dalam

Kegiatan Ekonomi

 

136

ADA

Harga Buku, Membeli Beras dan Minyak Goreng.

B. Rabat (Diskon), Bruto,

Tara, dan Neto

 

142

ADA

Membeli Baju, Membeli Kaleng Susu.

C. Bunga Tabungan dan Pajak

 

145

ADA

Menyimpan Uang di Bank.

D. Perbandingan

 

147

ADA

Berat Badan.

E. Gambar Berskala

 

149

ADA

Sebuah foto.

F. Bentuk – Bentuk

Perbandingan

 

152

ADA

Pembelian buku.

G. Memecahkan Masalah

Sehari – hari yang

Melibatkan  Konsep

Perbandingan

157

ADA

Pedagang Mangga.

JUDUL BAB

HAL

CTL ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 6 HIMPUNAN

A. Himpunan

 

164

TIDAK ADA

 
B. Himpunan Kosong dan

Himpunan Semesta

 

169

TIDAK ADA

 
C. Himpunan Bagian

 

171

TIDAK ADA

 
D. Hubungan Antarhimpunan

 

175

ADA

Kelompok Hewan berkaki dua

E. Operasi Himpunan

 

 

177

TIDAK ADA

 
F. Diagram Venn

 

186

TIDAK ADA

 
G. Menyelesaikan Masalah

dengan Menggunakan

Konsep Himpunan

193

TIDAK ADA

 

 

 

 

JUDUL BAB

HAL

CTL ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 7 GARIS DAN SUDUT

A. Garis

 

200

TIDAK ADA

 
B. Perbandingan Segmen Garis

 

205

TIDAK ADA

 
C. Sudut

 

 

208

ADA

Sudut yang di bentuk kaki meja, jendela
D. Menggambar dan Memberi

Nama Sudut

 

211

TIDAK ADA

 
E. Jenis – Jenis Sudut

 

214

TIDAK ADA

 
F. Hubungan Antarsudut

 

216

TIDAK ADA

 
G. Hubungan Antarsudut jika

Dua Garis Sejajar Dipotong

oleh Garis Lain

 

220

TIDAK ADA

 
H. Melukis Sudut

 

224

TIDAK ADA

 
I. Membagi Sudut

 

226

TIDAK ADA

 

JUDUL BAB

HAL

CTL ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 8 SEGITIGA DAN

SEGI EMPAT

A. Segitiga

 

234

TIDAK ADA

 
B. Jumlah Sudut – Sudut

Segitiga

 

241

TIDAK ADA

 
C. Hubungan Panjang Sisi

dengan Besar

Sudut pada Segitiga

243

TIDAK ADA

 
D. Keliling dan Luas Segitiga

 

246

TIDAK ADA

 
E. Segi Empat

 

250

ADA

Papan tulis, bimgkai foto, ubin, layang – layang
F. Melukis Segitiga

 

276

TIDAK ADA

 
G. Melukis Segitiga Sama

Kaki dan Segitiga Sama

Sisi

 

279

TIDAK ADA

 
H. Melukis Garis – Garis

Istimewa pada Segitiga

 

280

TIDAK ADA

 
I. Menyelesaikan Masalah

yang Berkaitan dengan Segi

Empat

284

ADA

Membuat Layang – Layang.

C.   ANALISIS KEGIATAN DALAM CTL

 

Bab

SUB BAB

MATERI

HAL

Kegiatan

1

 

A

Bilangan Bulat

5

Penggunaan Bilangan Bulat dalam kehidupan sehari-hari yaitu: Kapal Selam digunakan untuk kepentingan penjagaan, perang, dan operasi-operasi penyelamatan. Misal: Kedalaman 10m di bawah permukaan laut di tulis -10m.

C

Menaksirkan hasil penilaian dan pembagian Bilangan Bulat

20

Misalkan: Kamu berbelanja barang-barang seharga Rp 18.280,00. Jika kamu memberikan uang Rp 20.000,00 kepada kasir, berapa uang kembalian yang kamu terima?

2

A

Bilangan Pecahan

40

Ibu mempunyai 20 buah jeruk yang akan dibagikan pada 3 orang anak. Adi memperoleh 4 buah jeruk, Fitri memperoleh 5 buah jeruk, dan Ketut memperoleh 10 buah jeruk. Adapun  sisanya disimpan oleh ibu. Dalam hal ini, Adi memperoleh bagian jeruk, Fitri memperoleh bagian jeruk, dan Ketut memperoleh bagian jeruk. Apakah menurutmu sisa yang disimpan oleh ibu bagian jeruk?

3

A

Bentuk Aljabar dan unsur-unsurnya

80

Banyak Boneka Rika 5 lebihnya dari boneka Desy. Jika Banyak boneka Desy dinyatakan dengan x maka banyak boneka Rika dinyatakan dengan x+5. Jika boneka Desy sebanyak 4 buah, maka Boneka Rika sebanyak 9 buah.

Bentuk seperti (x + 5) disebut bentuk Aljabar.

4

C

Pertidaksamaan Linear 1 variabel.

114

Berat badan Asti lebih dari 52 kg. Bagaimana Kalimat tersebut dinyatakan dalam bentuk kalimat Matematika?

5

A

Aritmatika Sosial Dalam Kegiatan Ekonomi

136

Seorang pemilik toko menjual satu kotak karet penghapus dengan harga Rp 8.400,00. Ternyata, dalam satu kotak terdapat 12 buah karet penghapus. Seseorang membeli sebuah karet penghapus dan pemilik toko menjualnya dengan harga Rp 7.00,00. Dalam hal ini, harga satu kotak karet penghapus = Rp 8.400,00 disebut nilai keseluruhan, sedangkan harga satu buah karet penghapus = Rp 700,00 disebut nilai per unit.

5

D

Perbandingan

147

Berat Badan Riam 24 kg, sedangkan  berat badan Yoga 30 kg. Perbandingan berat badan Riam dan Yoga dapat dinyatakan dengan dua cara berikut.

  1. Berat Badan Riam kurang dari berat badan Yoga. Dalam hal ini, yang dibandingkan adalah selisih berat badan.
  2. Berat badan Riam : berat badan Yoga = 24:30 = 4:5. Dalam hal ini, yang dibandingkan adalah hasil bagi berat badan Riam dan berat badan Yoga.

6

D

Hubungan Antar Himpunan

175

Diketahui : A= {burung, Ayam, Bebek} dan

B= { Kucing, Anjing, Ikan}

 

Perhatikan bahwa tidak ada satupun anggota himpunan A yang menjadi anggota himpunan B. Demikian pula sebaliknya, tidak ada satupun anggota himpunan B yang menjadi anggota himpunan A. Dalam Hal ini dikatakan bahwa tidak ada anggota persekutuan antara himpunan A dan B. Hubungan antara himpunan A dan B seperti ini disebut himpunan saling lepas atau saling asing.

7

C

Sudut

208

Mengamati ujung sebuah meja, pojok sebuah pintu, atau jendela dikelasmu, berbentuk apakah ujung tersebut?Ujung sebuah meja atau pojok pintu dan jendela adalah salah satu contoh sudut

8

E

Segi Empat

250

Mengamati benda-benda disekitar kalian, seperti papan tulis, bingkai foto, ubin/ lantai dikelasmu, sampai layang-layang yang sering kalian mainkan. Berbentuk apakah benda-benda tersebut? Berapa jumlah sisinya? Benda-benda tersebut termasuk bangun datar segi empat, karena jumlah sisinya ada empat buah.

D.   ANALISIS ADA TIDAKNYA PENYELESAIAN MASALAH

 

 

JUDUL BAB

HAL

PM( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 1 BILANGAN BULAT

A. Bilangan Bulat

 

4

TIDAK ADA Tidak ada Pemecahan Masalah
B. Operasi Hitung pada

Bilangan Bulat

 

7

ADA

Penjumlahan bilangan Bulat dengan menggunakan garis bilangan.
C. Menaksir Hasil Perkalian

dan Pembagian Bilangan

Bulat

 

20

TIDAK ADA Penyelesaian langsung konseptual .

Ada tugas mandiri untuk mengamati kejadian atau masalah yang terkait dengan pembulatan atau tafsiran bilangan bulat.

D. Kelipatan dan Faktor

 

22

TIDAK ADA  
E. Perpangkatan Bilangan

Bulat

 

27

TIDAK ADA  
F. Operasi Hitung Campuran

pada Bilangan Bulat

 

33

TIDAK ADA  
G. Penggunaan Operasi Hitung

Bilangan Bulat untuk

Menyelesaikan Masalah

34

ADA

Pemecahan Masalah tentang suhu es.

 

JUDUL BAB

HAL

PM ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 2 PECAHAN

A. Bilangan Pecahan

40

ADA

Pembagian jeruk yang dilakukan oleh seorang Ibu. Kemudian hasil bagi itu ditulis dalam bentuk pecahan.
B. Perbandingan dan Bentuk-

Bentuk Pecahan

 

48

TIDAK ADA

 
C. Operasi Hitung Pecahan

 

56

TIDAK ADA

 
D. Pembulatan dan Bentuk

Baku Pecahan

 

69

TIDAK ADA

 
E. Menyelesaikan Masalah

Sehari-hari yang Berkaitan

dengan Pecahan

72

TIDAK ADA

 

JUDUL BAB

HAL

PM ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 3 OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

A. Bentuk Aljabar dan Unsur-

unsurnya

 

80

TIDAK ADA

 

 

B. Operasi Hitung pada

Bentuk Aljabar

 

83

TIDAK ADA

 
C. Pecahan Bentuk Aljabar

 

92

TIDAK ADA

 
D. Penggunaan Aljabar untuk

Menyelesaikan Masalah

98

 ADA

Pemecahan masalah dengan menggunakan pemisalan

JUDUL BAB

HAL

PM ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 4 PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

A. Kalimat Terbuka

 

104

TIDAK ADA

 
B. Persamaan Linear Satu

Variabel

 

106

 ADA

Pemecahan masalah dengan mencari himpunan penyelesaian.
C. Pertidaksamaan Linear Satu

Variabel

 

114

ADA

Pemecahan masalah dengan mencari himpunan penyelesaian
D. Membuat Model

Matematika dan

Menyelesaikan Soal Cerita

yang Berkaitan dengan

Persamaan Linear Satu

Variabel

 

122

ADA

Pemecahan masalah dengan menggunakan pemisalan.
E. Membuat Model

Matematika dan

Menyelesaikan Soal Cerita

yang Berkaitan dengan

Pertidaksamaan Linear Satu

Variabel

 

124

ADA

Pemecahan masalah dengan menggunakan pemisalan
F. Logika Matematika

(Pengayaan)

126

TIDAK ADA

 

JUDUL BAB

HAL

PM ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 5 PERBANDINGAN DAN ARITMETIKA SOSIAL

A. Aritmetika Sosial dalam

Kegiatan Ekonomi

 

136

ADA

Pemecahan Masalah dalam hal mencari harga pembelian dengan menggunakan rumus.
B. Rabat (Diskon), Bruto,

Tara, dan Neto

 

142

ADA

Pemecahan Masalah dalam hal mencari Uang yang harus dibayarkan dengan menggunakan rumus
C. Bunga Tabungan dan Pajak

 

145

ADA

Pemecahan masalah dalam hal mencari besar Gaji dengan menggunakan rumus.

D. Perbandingan

 

147

TIDAK ADA

E. Gambar Berskala

 

149

ADA

Pemecahan Masalah dalam hal mencari jarak sebenarnya menggunakan rumus

F. Bentuk – Bentuk

Perbandingan

 

152

ADA

Pemecahan masalah dalam hal mencari jarak yang ditempuh jika menghabiskan berapa liter bensin, dengan menggunakan perbandingan

G. Memecahkan Masalah

Sehari – hari yang

Melibatkan  Konsep

Perbandingan

157

ADA

Pemecahan masalah dalam hal besar uang yang harus dibayar,dengan menggunakan rumus.

JUDUL BAB

HAL

PM ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 6 HIMPUNAN

A. Himpunan

 

164

TIDAK ADA

 
B. Himpunan Kosong dan

Himpunan Semesta

 

169

TIDAK ADA

 
C. Himpunan Bagian

 

171

ADA

Pemecahan masalah dalam mencari himpunan bagian, dengan menggunakan diagram pohon.
D. Hubungan Antarhimpunan

 

175

TIDAK ADA

E. Operasi Himpunan

 

 

177

TIDAK ADA

 
F. Diagram Venn

 

186

ADA

Pemecahan masalah dengan mencari dan membuat diagram venn.
G. Menyelesaikan Masalah

dengan Menggunakan

Konsep Himpunan

193

ADA

Pemecahan masalah dengan mencari banyaknya anggota dengan menggunakan diagram venn.

JUDUL BAB

HAL

PM ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 7 GARIS DAN SUDUT

A. Garis

 

200

TIDAK ADA

 
B. Perbandingan Segmen Garis

 

205

TIDAK ADA

 
C. Sudut

 

 

208

TIDAK ADA

 
D. Menggambar dan Memberi

Nama Sudut

 

211

TIDAK ADA

 
E. Jenis – Jenis Sudut

 

214

TIDAK ADA

 
F. Hubungan Antarsudut

 

216

TIDAK ADA

 
G. Hubungan Antarsudut jika

Dua Garis Sejajar Dipotong

oleh Garis Lain

 

220

TIDAK ADA

 
H. Melukis Sudut

 

224

TIDAK ADA

 
I. Membagi Sudut

 

226

TIDAK ADA

 

JUDUL BAB

HAL

PM ( ADA/TIDAK )

KETERANGAN

BAB 8 SEGITIGA DAN

SEGI EMPAT

A. Segitiga

 

234

TIDAK ADA

 
B. Jumlah Sudut – Sudut

Segitiga

 

241

ADA

Pemecahan masalah dalam mencari besar salah satu sudut.
C. Hubungan Panjang Sisi

dengan Besar

Sudut pada Segitiga

243

TIDAK ADA

 
D. Keliling dan Luas Segitiga

 

246

TIDAK ADA

 
E. Segi Empat

 

250

ADA

Pemecahan masalah dalam mencari keliling dan Luas.
F. Melukis Segitiga

 

276

TIDAK ADA

 
G. Melukis Segitiga Sama

Kaki dan Segitiga Sama

Sisi

 

279

TIDAK ADA

 
H. Melukis Garis – Garis

Istimewa pada Segitiga

 

280

TIDAK ADA

 
I. Menyelesaikan Masalah

yang Berkaitan dengan Segi

Empat

284

 ADA

Pemecahan masalah dalam mencari panjang diagonal layang – layang.

 

E.   ANALISIS SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH NON-RUTIN

 

 

BAB

HAL

SOAL – SOAL NON RUTIN (ADA/TIDAK)

KETERANGAN

1

5, 21, 31, 35

ADA

Tugas Mandiri.

2

41, 43, 45, 47, 52, 54, 55, 57

ADA

Tugas Mandiri.

3

81, 84, 85, 87, 88, 96

ADA

Tugas Mandiri.

4

104, 105, 106, 109, 114, 117

ADA

Tugas Mandiri.

5

136, 137, 138, 142, 143, 147, 148, 151, 152

ADA

Tugas Mandiri.

6

168, 173, 174, 178, 180, 182

ADA

Tugas Mandiri.

7

208, 214, 221, 225, 228

ADA

Tugas Mandiri.

8

234, 237, 240, 261, 265, 267, 270, 278

ADA

Tugas Mandiri.

F.    ANALISIS PENYUSUNAN KESIMPULAN

 

 

BAB

HAL

CONTOH KEMUDIAN KESIMPULAN ( ADA/TIDAK)

KETERANGAN

1

27

ADA

Ada beberapa contoh untuk menunjukkan rumus, sehingga rumus itu dijadikan kesimpulan.

2

41, 59, 60, 62, 70

ADA

Ada beberapa contoh untuk menunjukkan rumus, sehingga rumus itu dijadikan kesimpulan.

3

TIDAK ADA

Hanya langsung kesimpulan saja, contoh diberikan setelah ada kesimpulan.

4

104, 106, 109, 114, 116, 130

ADA

Ada beberapa contoh untuk menunjukkan rumus, sehingga rumus itu dijadikan kesimpulan.

5

137, 149

ADA

Ada beberapa contoh untuk menunjukkan rumus, sehingga rumus itu dijadikan kesimpulan.

6

163

180

TIDAK ADA

ADA

Hanya langsung kesimpulan saja, contoh diberikan setelah ada kesimpulan.

Ada beberapa contoh untuk menunjukkan rumus, sehingga rumus itu dijadikan kesimpulan.

7

200

TIDAK ADA

Hanya langsung kesimpulan saja, contoh diberikan setelah ada kesimpulan.

8

237

ADA

Ada beberapa contoh untuk menunjukkan rumus, sehingga rumus itu dijadikan kesimpulan.

G.    KESIMPULAN

   Materi yang di sajikan di dalam Buku BSE Matematika jilid 7, pengarang Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni ini sudah sesuai dengan Standar Isi, baik berupa isi materi maupun urutannya. Buku ini juga memuat Pemecahan Masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, walaupun tidak semua sub-bab ada. Hal ini lebih baik dari pada tidak ada pemecahan masalah sama sekali. Buku ini juga menyediakan beberapa soal pemecahan masalah untuk soal – soal non rutin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: